SUPPORT dan RESISTANCE adalah batas atau level yang digunakan bagi trader untuk mengambil keputusan dalam mengeksekusi transaksi baik entry mauppun exit.

 

Batasan tersebut terdiri dari dua bagian level Support (batas bawah) dan Resistance (batas atas). Ketika harga bergerak dari bawah menuju atas, dan dapat menembus garis resisten maka ini menandakan harga bergerak naik dan melanjutkan pergerakan harga sebelumnya. Namun, jika harga tidak dapat menembus garis resistance maka harga akan Kembali berbalik arah (reversal).

 

Sebaliknya, jika harga bergerak dari atas ke bawah dan mmenembus level support maka harga berlanjut turun, melanjutkan pergerakan harga sebelumnya. Harga terbentuk lebih rendah dari sebelumnya. Dan jika tidak dapat menembus garis support, mka harga akan Kembali berbalik arah (reversal).

 

Pada level-level support, break support, resistance atau break resistance inilah trader dapat menempatkan posisi beli atau jual. Dan di level tersebut juga kita bisa menentukan keuntungan dan kerugian.