Futures Trading atau Sistem Perdagangan Alternatif atau biasa disebut juga Bursa Berjangka, adalah sistem transaksi derivatif menggunakan margin (jaminan).

Berbeda dengan perdagangan saham, dimana saham merupakan tanda keikutsertaan kepemilikan perusahaan.

Saham merupakan system perdagangan dengan one-way opportunity (pergerakan satu arah), sementara futures two-way opportunities sehingga memungkinkan trader melakukan transaksi baik ketika harga naik maupun turun.

Waktu perdagangan saham biasanya 8jam sehari (teritorial), sementara untuk futures transaksinya hampir 24 jam. Ketika jam transaksi lebih panjang, maka keuntungan yang bisa kita dapat pun bisa lebih banyak.

Pergerakan harga di futures memang lebih volatile bila dibandingkan saham, oleh karena itu dalam futures sangat memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek (harian).

Komoditi yang sangat diminati dalam bursa berjangka ini adalah perdagangan emas, minyak, perak, mata uang (forex).

 

Emas dan minyak menjadi pilihan yang menarik dalam perdagangan karena ke dua jenis komoditas ini mudah di perjual belikan. Orang memilih emas, karena emas adalah investasi anti krisis. Emas selalu memiliki harga yang sesuai dengan tingkat inflasi dan anti resesi. Itulah alasannya mengapa emas disebut sebagai 'safe heaven'.

Sementara orang memilih komoditas minyak, karena harganya yang cenderung naik. Kalaupun turun, tentu tidak sampai 'nol' rupiah. Mana mungkin harga minyak 'nol', karena jika hal itu terjadi maka bensin gratis. Mungkinkah ini terjadi? Saya rasa tidak. Karena untuk menghasilkan minyak dibutuhkan biaya produksi, dan ini menyebabkan minyak selalu ada harganya.

Emas dan minyak dalam perdagangan ini dikategorikan kedalam bursa berjangka atau disebut Futures Trading.

Apa manfaat kita melakukan bisnis ini?

  1. Legalitas terjamin oleh pemerintah (Kliring Berjangka Indonesia)
  2. Menggunakan bank lokal
  3. Memulai bisnis dengan handphone/gadget yang kita miliki
  4. Mulai dengan modal terjangkau (mini account)
  5. Mudah dipahami dan di praktekan.
  6. Bisnis ini dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun
  7. Keuntungan maksimal (unlimited)
  8. Resiko kerugian dapat di kontrol
  9. Transaksi dilakukan oleh nasabah sendiri 
  10. Modal tidak dititipkan tetapi ada dalam rekening nasabah sendiri.



TRADING PLAN

Orang sukses harus memiliki perencanaan dalam hidupnya. Perencanaan inilah  yang nantinya dapat menentukan sukses seorang trader.  
Modal minim dan pemahaman yang kurang, itu bukan menjadi masalah. Jika Anda betul-betul ingin menjadi entrepreneur handal, maka dengan modal kecil pun Anda dapat memulainya. Yang terpenting adalah Anda harus mau belajar. Jangan terlalu berpikir bisa/tidak. Bisa akan menyusul ketika Anda mau belajar.


Ilustrasi bisnis :

Modal mini account (minimal) : $500 (hedging Rp 12.000) = Rp 6jt

1 hari profit ; $50 = Rp 600rb

1bln (jika trading 10hr saja) = 10hr x Rp600rb = Rp6jt

ROI paling tidak dalam 1 bulan sudah tercapai.

 

Adakah faktor resiko yang dihadapi dalam future trading?

Setiap bisnis tentu ada faktor resiko, namun kita harus bisa mengontrol resiko kerugian. Caranya adalah : dengan menggunakan virtual account sebelum menggunakan uang real, menggunakan stop loss untuk mengendalikan kerugian, selalu memperhatikan dan membaca berita yang di informasikan setiap hari.


Bagaimana legalitas perusahaan 

Perusahaan pialang berjangka yang terdaftar di Bursa Berjangka Jakarta & BAPPEBTI, sehingga uang Anda akan aman bila diinvestasikan di perusahaan ini.


Info Hub : 0812 2007 8006