Hasil yang kita dapat melalui transaksi berdagang adalah untung atau rugi.

Rugi atau resiko adalah bagian dari kehidupan yang tidak mungkin kita hindari. Kalau kita berani bicara keuntungan, maka kita pun harus berani ketika membahas resiko kerugian. 

Justru kita perlu banyak membahas resiko terbesar/terburuk sebelum bicara tentang keuntungan. Yang perlu kita perhatikan adalah bukan menghindari tetapi mengontrol resiko.

Bawa mobil tentu penuh resiko, tapi kita tetap naik mobil jugakan? Untuk meminimalkan resikonya, maka kita menggunakan safety belt, perhatikan minyak rem, dan taati rambu lalu lintas.

Mengendarai motor juga bahaya, tapi untuk meminimalkan resiko maka kita menggunakan helm dan taat aturan lalu lintas.

Dalam dunia trading harga bergerak fluktuatif dan volatile (naik/turun dengan cepat), oleh karenanya dalam system trading kita dapat membatasi resiko kerugian dengan menggunakan Stop Loss dan Take Profit.

Loss harus dibatasi, keuntungan boleh tidak dibatasi. Namun tetap harus ingat, jangan pernah berharap keuntungan terus-terusan bertambah..tambah...dan tambah, karena kita tidak pernah tahu pergerakan harga. Jangan karena harapan Anda yang ingin untung besar tersebut justru malah bikin rugi, karena harga balik arah.

Puaslah dengan keuntungan yang Anda peroleh, walau kecil-kecil tapi sering kita lakukan toh banyak jugakan 🙂